LOMBA BLOG UNY

LOMBA BLOG UNY
Dalam rangka Dies Natalis ke-60 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

FTP (File Transfer Protocol)

1.      Sejarah FTP
FTP (File Transfer Protocol) adalah salah satu protokol tertua yang pernah ada di Internet. Protokol FTP dikembangkan oleh Abhay Bhushan (alumni IIT dan  MIT) pada tahun 1970-an, ketika bekerja pada proyek ARPAnet. Namun demikian, FTP tetap menjadi jenis layanan yang kerap kali dimanfaatkan oleh pengguna Internet, terutama untuk mendownloadsoftware atau hal-hal lain. File Transfer Protocol [FTP] telah ada semenjak dua puluh tahun di sejarah internet, sehingga protokol ini sudah memiliki standard yang baik. Banyak cara lain yang datang dan pergi, tetapi FTP merupakan cara yang paling sering digunakan untuk mengirimkan file melalui internet, dan ini menjadikannya perangkat yang kami sarankan untuk memamanage situs Anda di MediaHostNet – FTP client sudah tersedia dalam setiap sistem operasi yang mendukung jaringan, dan ada beberapa unsur dalam managemen situs yang hanya dapat dilakukan dengan menggunakan FTP client. FTP menjadi sebuah elemen penting dalam internet sehingga akan sangat merugikan jika tidak menyediakan fasilitas yang mendukung FTP sebagai bagian dalam situs Anda.

1.    Pengertian FTP
FTP atau File Transfer Protokol, merupakan salah satu protokol internet yang berjalan di dalam level aplikasi yang merupakan standar untuk proses transfer file antar mesin komputer dalam sebuah framework.

2.    Pengertian FTP Menurut KBBI
FTPadalah File Transfer Protocol jaringan standar yang digunakan untuk mentransfer file dari satu host ke host lain melalui jaringan berbasis TCP, seperti the Internet. FTP dibangun pada arsitektur client-server dan menggunakan kontrol terpisah dan koneksi data antara klien dan server. Pengguna FTP dapat mengotentikasi sendiri menggunakan teks yang jelas untuk sign-in protokol tetapi dapat terhubung secara anonim jika server dikonfigurasi untuk mengijinkankan hal tersebut. (Pengertian FTP Menurut wikipedie bahasa Inggris, diterjemahkan)
FTPadalah: Singkatan dari  File Transfer Protocol, protokol untuk pertukaran file melalui Internet. FTP bekerja dengan cara yang sama seperti HTTP untuk mentransfer halaman web dari server ke pengguna browser dan seperti pada teknologi SMTP untuk mentransfer surat elektronik ke Internet, FTP ini menggunakan TCP / IP protokol Internet untuk memungkinkan transfer data.

3.    Fungsi FTP
Fungsi utama dari FTP adalah melakukan pertukaran file dalam jaringan, secara detail FTP server dapat dijabarkan sebagai berikut :
1.    Untuk men-sharing data.
2.    Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer.
3.    Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user.
4.    Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien.

1.     Kelebihan dan Kekurangan FTP
·         Kelebihan dari FTP
1.      FTP dapat Mempermudah dalam mengunggah data.
2.      FTP dapat mentransfer data
3.      Pada FTP online terdapat fasilitas untuk mengupload data ke server dalam jumlah banyak sekaligus jadi tidak satu persatu.
4.      Pada FTP dapat melayani tukar-menukar file
5.      FTP merupakan Versi paling terbaru juga dilengkapi dengan seperangkat program auditdan penanganan account.

·         Kekurangan dari FTP
1.      FTP merupakan cara yang tidak aman dalam mentransfer suatu file karena filedikirimkan tanpa di enskripsi terlebih dahulu tetapi melalui clear teks. Mode text yangdipakai untuk transfer data adalah format ASCII atau format binary.
2.      Keamanan dan kemudahan penggunaan seringkali berbentrokan dan menjadi dilema para administrator sistem.

3.      FTP desainnya masih lemah sehingga mengakibatkan tidak terinformasinya para administrator sistem mengenai resiko yang mereka hadapi.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "FTP (File Transfer Protocol)"

Posting Komentar