LOMBA BLOG UNY

LOMBA BLOG UNY
Dalam rangka Dies Natalis ke-60 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Cara Kerja FTP

FTP (File Transfer Protocol) bekerja pada port 20, 21 dan port 22. Berdasarkan pada ilustrasi gambar diatas, saat klien bersiap untuk melakukan upload data, FTP server akan berada pada proses listening di port 21. Kemudian, ketika klien akan melakukan koneksi dengan FTP, port 21 akan berperan sebagai port untuk akses control antara client dengan FTP. Setelah komunikasi terbentuk antara klien dengan FTP server, client dapat mengupload data yang diinginkan pada port 20.

1.    Port standard FTP adalah 21 (pada server).
2.    Pada sisi server, ftp server menunggu incoming connection di port 21 (default).
3.    FTP client mencoba connect ke ftp server (daemon) dengan memasukan user  password nya (biasanya FTP memang memiliki suatu autentikasi tersendiri.)
4.    FTP server men-check apakah si user dan password nya valid, Jika valid maka akan  berlanjut ke step berikutnya, jika tidak valid maka akan diminta memasukan user/password yang lain beberapa kali, jika tetap invalid maka koneksi akan diputuskan.
5.    Setelah user tervalidasi maka ftp client dapat men-download/men-upload atau pun mendelete file yang terdapat di server, tergantung dari hak akses yang dimiliki.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Kerja FTP"

Posting Komentar