LOMBA BLOG UNY

LOMBA BLOG UNY
Dalam rangka Dies Natalis ke-60 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Cara Membuat Kabel LAN UTP RJ-45 (Krimping Kabel)

 Bahan dan alat :

LANGKAH PEMBUATAN KABEL LAN
  1. Kupas bagian ujung kabel sekitar 2 cm.
  2. Setelah itu, buka lilitan kabelnya untuk meluruskan kabel. Lalu pilih salah satu urutan yang sesuai standar: T568A atau T568B.
  3. Selanjutnya, gunakan tang crimping untuk memotong dan meratakan ujung kabel.
  4. Kemudian, masukkan kabel sejajar tersebut ke dalam konektor RJ-45 yang sudah dipersiapkan. Susun posisinya dengan benar yang sesuai standar.
  5. Berikutnya yaitu melakukan crimping. Tekan tang crimping pada konektor agar pin kuningkan melekat pada tiap-tiap kabelnya.
  6. Lakukan semua langkah di atas pada ujung kabel lainnya. Pastikan kedua ujung kabel memiliki urutan kabel UTP yang sama. Misalnya, jika Anda ingin membuat kabel tipe Straight Trough maka ujung kabel kedua harus sama dengan yang pertama. Akan tetapi, berbeda dengan tipe Cross Over. Anda harus mengurutkannya secara berbeda untuk kedua ujungnya. Yang terpenting adalah selubung kabel harus ikut masuk ke dalam konektor dengan baik dan sesuai standar.
  7. Setelah selesai menyusunnya, lakukan pengecekan kabel dengan menggunakan LAN tester. Masukkan ujung kabel yang sudah dilapisi konektor ke masing-masing lubang yang tersedia. Nyalakan alat tester tersebut. Bagus atau tidaknya hasil terlihat dari lampu yang menyala. Pastikan semua lampu LED pada LAN tester menyala sesuai urutan kabel yang dibuat.





Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membuat Kabel LAN UTP RJ-45 (Krimping Kabel)"

Posting Komentar