LOMBA BLOG UNY

LOMBA BLOG UNY
Dalam rangka Dies Natalis ke-60 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Multimedia

Pengertian multimedia dan menurut para ahli – Jaman sekarang manusia tak pernah lepas dari multimedia, akan tetapi apakah itu multimedia? Pada kesempatan kali ini kita akan belajar bersama tentang pengertian multimedia dan menurut para ahli.
A. Apa itu multimedia?
Multimedia adalah berasal dari kata “multi” dan kata “media”. Multi yang artinya banyak dan media yaitu media ataupun perantara. Jadi multimedia adalah sebuah media dan juga konten yang memakai atau menggunakan kombinasi bentuk konten yang berbeda. Istilah tersebut dapat dipakai sebagai kata benda (sebuah media yang isinya gabungan dari beberapa bentuk konten) / sebagai kata sifat yang menggambarkan media yang memiliki beberapa bentuk konten. Istilah tersebut sangat berbeda dengan media yang hanya menggunakan bentuk-bentuk tradisional dari bahan cetak atau bahan produksi tangan.


Multimedia masuk ke dalam kombinasi bentuk konten dari teks, gambar diam, audio, animasi, video serta interaktivitas. Dengan kata lain multimedia yaitu penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan juga video dengan alat bantu (tool) dan juga koneksi (link) sehingga penggunanya dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya serta berkomunikasi.
B. Sedangkan Pengertian multimedia menurut para ahli:
  • Turban dan kawan-kawan (2002) – Multimedia adalah Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar.
  • Rosch (1996) – Multimedia adalah Kombinasi dari komputer dan video.
  • McComick (1996) – Multimedia adalah Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Multimedia"

Posting Komentar